5 Cara Merawat Rem Motor agar Andal dan Aman
5 Cara Merawat Rem Motor agar Andal dan Aman
18-09-2023
Otomotif

Perawatan rem sepeda motor perlu dilakukan secara berkala. Pasalnya, komponen ini bertugas mengurangi kecepatan atau menghentikan roda berputar. Dengan begitu, ibiders bisa berkendara dengan nyaman dan aman. 

Salah satu bagian penting dalam sistem pengereman yaitu kampas rem yang tugasnya memberikan tekanan pada cakram untuk menghentikan putaran roda kendaraan. Tanpa komponen ini, pengereman membutuhkan waktu lebih lama. Karenanya, komponen ini membutuhkan perhatian khusus sebab berhubungan langsung dengan keselamatan pengendara.  

Perawatan sistem pengereman sepeda motor tidaklah sulit. IBID - Balai Lelang Serasi telah menyiapkan langkah perawatan rem sepeda motor agar berfungsi dengan baik. Yuk, simak hingga tuntas. 

 

Baca juga: Cara Mengatasi dan Mengendalikan Rem Motor Blong


1. Bersihkan kampas rem secara berkala

Cara merawat rem motor yang yang bisa kamu terapkan yaitu mengecek kondisi kampas rem atau minyak rem. Kampas rem yang masih baik bisa dibersihkan menggunakan brake cleaner atau air bersih. 

Hilangkan kotoran, seperti pasir, debu halus, atau benda-benda lain yang menempel, khususnya di area alur kampas rem. Tujuannya, menciptakan meratakan tekanan pada kampas rem sehingga kinerja motor optimal. 

Waktu penggantian kampas rem cukup bervariasi, tergantung cara penggunaan sepeda motor. Bila terdengar suara berdecit saat tuas rem ditarik ke dalam, bisa jadi kampas rem sudah mulai aus dan perlu diganti.


2. Perhatikan jarak kampas rem dengan cakram

Perawatan rem motor yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu memperhatikan jarak kampas rem dengan cakram. Hal ini berguna untuk meminimalisir gesekan di antara kedua komponen, bahkan ketika kamu tidak menggunakan tuas rem. Semakin sering cakram dan kampas rem bergesekan, semakin cepat kedua bagian sistem pengereman ini berubah aus, yang akhirnya dapat mengganggu kinerja rem.


Baca juga: 11 Motor Matic Paling Irit di Tahun 2023, Pilihan Tepat saat BBM Naik


3. Cek kondisi minyak rem

Guna menjaga fungsi pengereman sepeda motor tetap baik, lakukan pemeriksaan volume minyak rem di tabung reservoir secara rutin. Pastikan minyak berada dalam level normal, transparan, dan tidak terkontaminasi kotoran.

Dengan perawatan rem sepeda motor ini, tekanan rem bekerja lebih efisien, kampas rem tahan lebih lama, dan efisiensi bahan bakar dapat ditingkatkan. Minyak rem pun direkomendasikan untuk diganti setiap 24 ribu km atau 2 tahun. Meski begitu, setiap motor mungkin berbeda, tergantung faktor gaya berkendara, frekuensi penggunaan, dan jenis rute yang biasa ditempuh.


4. Gunakan komponen standarisasi pabrik

Modifikasi motor, termasuk pada komponen sistem pengereman, perlu dihindari. Alih-alih meningkatkan performa berkendara, modifikasi yang tidak sesuai justru dikhawatirkan mengurangi kinerja motor dan merusak komponen lainnya. Karenanya, usahakan kamu menggunakan kampas rem dan minyak rem asli demi mendukung kinerja pengereman sepeda motor. 


5. Hindari penggunaan rem mendadak

Mengemudi dengan hati-hati menjadi cara merawat rem motor yang terakhir. Hal ini termasuk tidak mengemudi dengan kecepatan tinggi dan menghindari pengereman mendadak. Selain berbahaya, tindakan ini juga mempercepat kampas rem aus dan mempersingkat umur penggunaanya. 

Nah, langkah perawatan rem sepeda motor ini mampu menjaga performa sistem pengereman motor milikmu tetap andal dan amna. Tak cuma menjaga keselamatan selama berkendara, perawatan yang baik dapat memperpanjang usia pakai komponen rem kendaraanmu.  


Baca juga: 6 Cara Motor Lolos Uji Emisi Biar Tak Kena Tilang


Bila ibiders tertarik memiliki motor dengan performa yang lebih mumpuni, kamu bisa menjual motor yang lama secara cepat dengan metode lelang. Salah satunya di IBID - Balai Lelang Serasi

Proses titip jual motor bekas di lelang IBID berlangsung mudah dan transparan. Kamu bisa menikmati beragam keuntungan, seperti biaya jasa yang ringan dan jadwal lelang yang fleksibel.

Tunggu apa lagi? Kunjungi www.ibid.astra.co.id atau unduh aplikasi IBID di  Google Play Store dan App Store. Ikuti juga akun media sosial resmi IBID di bawah ini.

Instagram    : @ibid_balailelangserasi

Facebook    : IBID - Balai Lelang Serasi

TikTok          : @ibid_balailelangserasi

YouTube      : IBID - Balai Lelang Serasi

Twitter          : @ibid_lelang

Share
:
app-store
Customer Center
+62 812-8773-5544 (Whatsapp)
+62 851-7437-5544 (Telemarketing)
Senin - Jumat : 09.00 - 18.00 WIB
cs.ibid@ibid.astra.co.id