6 Cara Motor Lolos Uji Emisi Biar Tak Kena Tilang
6 Cara Motor Lolos Uji Emisi Biar Tak Kena Tilang
13-09-2023
Otomotif

Selain uji emisi mobil, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga memberlakukan uji emisi motor per 1 September 2023. Ibiders pun tak perlu khawatir akan kena tilang karena IBID - Balai Lelang Serasi telah menyiapkan cara motor lolos uji emisi yang bisa diterapkan.


Baca juga: 8 Cara Mobil Lolos Uji Emisi Terbaru 2023


Mekanisme uji emisi di DKI Jakarta

Ambang batas emisi gas buang untuk lolos uji emisi diatur dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2008 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. 

Untuk motor 2-tak produksi di bawah 2010, CO di bawah 4,5 persen dan HC 12.000 ppm. Sementara itu, motor 4-tak produksi di bawah 2010, CO maksimal 5,5 persen dan HC 2.400 ppm. Adapun motor 2-tak maupun 4-tak di atas 2010, CO maksimal 4,5 persen dan HC 2.000 ppm.

Sanksi tilang dikenakan pada pemilik kendaraan yang tak lulus uji emisi dengan denda maksimal Rp250 ribu untuk sepeda motor dan Rp500 ribu untuk mobil. 


Baca juga: Bikin Macet, Pemotor Neduh Sembarangan Bisa Kena Denda Rp 250 Ribu


Cara motor lolos uji emisi

9-2023-9- rem sepeda motor (1)ilustrasi uji emisi motor (medcom.com)   


Mulai dari melakukan servis rutin dibengkel resmi hingga menggunakan BBM yang direkomendasikan, inilah cara motor lolos uji emisi dai IBID - Balai Lelang Serasi.   


1. Rutin lakukan servis motor

Cara motor lolos uji emisi yang utama yaitu melakukan perawatan atau servis motor dengan rutin. Pasalnya, servis tak hanya meningkatkan performa kendaraan, tapi juga meminimalisir potensi kerusakan yang menyebabkan gas buang di atas batas yang ditetapkan pemerintah. 

Misalnya, kamu bisa mengetahui kondisi motor terkait sistem pembakaran. Sebaliknya, motor yang jarang diservis cenderung memiliki pembakaran yang kurang sempurna sehingga menimbulkan polusi berlebih, bahkan boros bahan bakar. 


2. Cek kondisi ruang bakar mesin motor

Memeriksa kondisi ruang bakar mesin motor berfungsi dengan baik merupakan cara efektif motor lolos uji emisi. Tak hanya itu, pastikan komponen ini dalam keadaan bersih. Pada motor dengan jarak tempuh lebih dari 50 ribu km, ruang bakarnya cenderung dipenuhi kerak berupa karbon. Bila tidak dibersihkan sebelum uji emisi, gas buangnya akan buruk sehingga motor kemungkinan tidak lolos.    


3. Ganti busi bila aus

Penting untuk mengganti komponen yang berpengaruh pada hasil pembakaran motor, misalnya busi. Komponen motor ini krusial untuk menentukan proses pembakaran berlangsung sempurna atau tidak. 

Tentunya hal ini berpengaruh pada emisi yang dihasilkan. Bila sudah habis masa pemakaiannya atau aus, segera ganti dengan busi yang baru. 


4. Patikan filter udara berfungsi

Selain mengecek kondisi busi, penting untuk memastikan filter udara dalam kondisi prima sebelum melakukan uji emisi gas buang. Karena terhalang debu dan kotoran, filter udara yang kotor membuat udara yang masuk ke ruang bakar menjadi sedikit. Efeknya, settingan motor mempunyai terlalu banyak bahan bakar.


5. Hindari modifikasi motor

Apakah ibiders pernah menggunakan knalpot brong atau knalpot aftermarket? Berbeda dengan knalpot standar, knalpot racing tidak memiliki fitur catalytic converter yang berfungsi mengubah gas buang beracun menjadi udara bersih. 

Alhasil, tak mengherankan bila motor dengan knalpot brong berpotensi tinggi tidak lolos uji emisi. Karenanya, hindari melakukan modifikasi motor yang tidak perlu dan pastikan mesin dalam kondisi standar. 


6. Gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi

Cara motor lolos uji emisi selanjutnya yaitu menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Pastikan bahan bakar yang kamu pilih memiliki nilai oktan yang sesuai dengan rasio kompresi mesin 


Itulah cara motor lulus uji emisi dan terhindar dari denda tilang. Uji emisi ini tak hanya sekadar mematuhi peraturan, tapi juga menjaga udara bersih dan kualitas lingkungan. Dengan menerapkan tips di atas, kamu berkontribusi pada lingkungan yang lebih baik sembari menikmati pengalaman berkendara yang lancar.


Baca juga: 8 Fakta Rangka eSAF Motor Honda yang Diduga Karatan


Bila ibiders tertarik memiliki motor dengan performa yang lebih mumpuni, kamu bisa menjual motor yang lama secara cepat dengan metode lelang. Salah satunya di IBID - Balai Lelang Serasi

Proses titip jual motor bekas di IBID berlangsung mudah dan transparan. Kamu bisa menikmati beragam keuntungan, seperti biaya jasa yang ringan dan jadwal lelang yang fleksibel.

Tunggu apa lagi? Kunjungi www.ibid.astra.co.id atau unduh aplikasi IBID di  Google Play Store dan App Store. Ikuti juga akun media sosial resmi IBID di bawah ini.

Instagram    : @ibid_balailelangserasi

Facebook    : IBID - Balai Lelang Serasi

TikTok          : @ibid_balailelangserasi

YouTube      : IBID - Balai Lelang Serasi

Twitter          : @ibid_lelang

Share
:
app-store
Customer Center
+62 812-8773-5544 (Whatsapp)
+62 851-7437-5544 (Telemarketing)
Senin - Jumat : 09.00 - 18.00 WIB
cs.ibid@ibid.astra.co.id