8 Fakta Rangka eSAF Motor Honda yang Diduga Karatan
8 Fakta Rangka eSAF Motor Honda yang Diduga Karatan
23-08-2023
Otomotif

Beberapa hari terakhir jagat media sosial dihebohkan soal isu rangka eSAF motor Honda yang diduga karatan dan keropos. eSAF merupakan kependekan dari enhanced Smart Architecture Frame alias rangka arsitektur cerdas yang disempurnakan.

Rangka eSAF merupakan inovasi terbaru Honda yang diperkenalkan sejak tahun 2019 melalui model skutik Genio. Rangka ini pun dibentuk dengan menggunakan pelat baja yang di-press dan dilas menggunakan laser welding.

Namun, akhir-akhir ini keberadaan rangka eSAF justru menjadi perbincangan hangat sebab dinilai mudah berkarat, keropos, dan patah. Lantas, apa yang membedakan rangka ini dengan rangka biasa? Berikut fakta penting rangka eSAF yang viral di media sosial yang dirangkum IBID - Balai Lelang Serasi


Baca juga: Apa Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak? Temukan Jawabannya di Sini!

 

1. Diadopsi 4 skutik Honda

8-24-blog-esaf (1)ilustrasi rangka eSAF Honda (dok. Honda Global)


Dari segi arsitektur, rangka biasa dibentuk dari batang-batang besi pipa yang dirangkai menjadi sebuah rangka yang utuh. Sebaliknya, rangka eSAF terbuat dari lembaran pelat baja yang diproses dengan teknik press dan las sehingga minim sambungan. 

Di samping itu, rangka eSAF hadir sebagai komponen bersama (common part) yang juga diadopsi skutik Honda, seperti Genio, Scoopy, BeAT, dan Vario 160. Rangka biasa tidak digunakan sebagai common part. 


2. Lebih ringan

Dibandingkan rangka tabung biasa, rangka eSAF dinilai lebih ringan. Menurut AHM, pembuatan rangka ini menghilangkan 34 komponen dari model sasis sebelumnya. Alhasil, bentuknya lebih sederhana dan beratnya lebih ringan. 

Misalnya, penggunaan teknologi eSAF pada Honda Genio menghasilkan rangka berbobot 11 kg. Sementara rangka tabung pada motor skutik Honda sebelumnya memiliki bobot 15 kg. Dengan kelebihan rangka eSAF ini, pengendara bisa lebih nyaman dan aman dalam bermanuver.  


3. Efisiensi bahan bakar lebih baik

Rangka eSAF yang lebih ringan berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar motor. Hasil tes internal menggunakan metode ECE R40 menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar Honda Genio mencapai 59,1 km/liter (dengan fitur ISS aktif), Honda BeAT 60,6 km/liter (dengan fitur ISS aktif), Honda Vario 160 46,9 km/liter, dan Honda Scoopy 59 km/liter.


4. Ruang lebih luas

Penerapan teknologi eSAF juga menghasilkan ruang tangki bahan bakar dan bagasi yang lebih luas. Sebagai contoh, Honda BeAT memiliki kapasitas bagasi 12 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter, Honda Vario 160 bagasi 18 liter dan tangki bahan bakar 5,5 liter, Honda Genio bagasi 14 liter dan tangki bahan bakar 4,2 liter, serta Honda Scoopy 15,4 liter dan tangki bahan bakar 4,2 liter.


Baca juga: Ban Belakang Motor Matic Goyang saat Berkendara? Ini 7 Penyebabnya


5. Minim deformasi

Untuk menciptakan rangka eSAF, lembaran pelat baja dipress dan diikat dengan metode las yang lebih modern. Penggunaan teknologi pengelasan dengan laser welding ini menghasilkan rangka berkualitas unggul tanpa mengganggu komposisi frame body. Dengan begitu risiko deformasi dapat diminimalisir.


6. Harga bervariasi

Fakta rangka eSAF selanjutnya yaitu harga belinya yang bervariasi tergantung jenis skutik yang dikendarai. Dilansir detikoto, berikut rincian harganya.

- Honda Genio dengan kode komponen rangka 50100K0JN00: Rp 1.120.000 

- Honda BeAT dan BeAT Street 2020  dengan kode komponen 50100K1AN00: Rp 1.150.000

- Honda Scoopy dengan kode komponen rangka 50100K2FN00: Rp 1.150.000

- Honda Vario 160 dengan komponen rangka 50100K2SN00 dan 50100K2SN10: Rp 1.370.500

 

7. Tidak dijual bebas

Meski terjangkau, rangka eSAF tidak dijual bebas dan hanya dapat diperoleh di bengkel resmi Honda. Tah hanya itu, General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbudin, menjelaskan ada persyaratan yang perlu dipenuhi konsumen untuk memperoleh rangka eSAF baru. Prosedur ini bertujuan untuk menjaga keakuratan nomor rangka sebagai tanda pengenal unik dan memastikan keamanan serta otentisitas kepemilikan sepeda motor.


8. Memiliki garansi

Tak banyak yang tahu, rangka eSAF termasuk komponen yang mendapatkan garansi. PT Astra Honda Motor menawarkan garansi rangka atau sistem kelistrikan selama 1 tahun atau 10.000 km (yang mana tercapai lebih dulu).

Garansi ini hanya berlaku untuk mengganti atau memperbaiki suku cadang yang bermasalah akibat:

- Kesalahan proses produksi

- Kesalahan bahan atau material produk

- Kesalahan konstruksi

Selain itu, garansi diperuntukkan motor Honda yang dirawat secara teratur di bengkel resmi Honda atau AHASS di seluruh Indonesia, sesuai Jadwal Perawatan Berkala yang tertulis dalam buku servis. Bila motor Honda berpindah tangan, garansi tetap berlaku sepanjang mengikuti ketentuan di buku servis.

Itulah fakta rangka eSAF motor Honda yang diduga karatan. Struktur rangka minim sambungan ini dikembangkan guna meningkatkan stabilitas saat gerak menikung sehingga motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. 


Baca juga: Benarkah Beli Motor Bekas lewat Lelang Lebih Menguntungkan?


Bila ibiders tertarik memiliki motor dengan performa yang lebih mumpuni, kamu bisa menjual motor yang lama secara cepat dengan metode lelang. Salah satunya di IBID - Balai Lelang Serasi

Proses titip jual motor bekas di IBID berlangsung mudah dan transparan. Kamu bisa menikmati beragam keuntungan, seperti biaya jasa yang ringan dan jadwal lelang yang fleksibel.

Tunggu apa lagi? Kunjungi www.ibid.astra.co.id atau unduh aplikasi IBID di  Google Play Store dan App Store. Ikuti juga akun media sosial resmi IBID di bawah ini.

Instagram    : @ibid_balailelangserasi

Facebook    : IBID - Balai Lelang Serasi

TikTok          : @ibid_balailelangserasi

YouTube      : IBID - Balai Lelang Serasi

Twitter          : @ibid_lelang

Share
:
app-store
Customer Center
+62 812-8773-5544 (Whatsapp)
+62 851-7437-5544 (Telemarketing)
Senin - Jumat : 09.00 - 18.00 WIB
cs.ibid@ibid.astra.co.id