Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas di Balai Lelang
Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas di Balai Lelang
09-01-2023
Berita

Selain melalui dealer atau marketplace, kini balai lelang jadi salah satu pilihan untuk membeli mobil bekas. Berbeda dengan penjualan langsung, melalui balai lelang pembeli ikut menentukan harga jualnya melalui mekanisme lelang.

Berbeda dengan dealer dimana harga jualnya sudah ditentukan, harga jual mobil bekas di balai lelang merupakan hasil penawaran tertinggi dari harga dasar yang ditentukan oleh balai lelang.

Namun, sama seperti dealer dan marketplace, membeli mobil bekas di balai lelang memiliki kelebihan dan keuntungan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut untung-rugi beli mobil bekas di balai lelang.


Keuntungan Beli Mobil Bekas di Balai Lelang

12-8-blog-balai-lelang (1)

Berikut ini beberapa keuntungan membeli mobil bekas di balai lelang dibanding dengan metode lainnya.

1. Kebanyakan Unit Dilelang dengan Harga Lebih Murah

Meski tidak semua unit bisa kamu dapatkan dengan murah, harga mobil di balai lelang umumnya lebih murah dibanding harga di dealer mobil bekas atau marketplace.

Ada berbagai faktor kenapa mobil di balai lelang bisa lebih murah. Pertama, mobil-mobil yang dilelang umumnya merupakan milik perusahaan yang dilelang secara borongan sehingga harga bisa lebih murah.

Kedua, mobil lelang belum melalui proses permak atau reparasi sehingga harga yang dilelang merupakan harga mentah.

Ketiga, jika mobil yang kamu incar memiliki sedikit penawar, besar kemungkinan kamu akan mendapatkan harga jual yang murah.

ā€œHarga jual mobil lelang biasanya punya selisih lebih dari Rp10 juta dibanding harga pasaran tergantung dengan tipe unitnyaā€, tutur Daddy Doxa Manurung, Presiden Direktur IBID - Balai Lelang Serasi melalui Kompas.


Baca juga: Apakah Aman Membeli Mobil Bekas Tarikan Leasing? Ini Tipsnya!


2. Surat-Surat Terjamin

Aktivitas balai lelang di Indonesia diatur oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.213 PMK/06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang.

Di dalam aturan tersebut mewajibkan penjual kendaraan yang akan dilelang untuk memiliki dan menunjukkan dokumen kepemilikan kendaraan dalam hal ini adalah BPKB dan STNK saat proses lelang.

Dengan begitu, melalui lelang kamu bisa mengecek secara langsung BPKB, masa berlaku STNK, bahkan dokumen lain seperti form A.


3. Pilihan Unit yang Lebih Banyak

Kebanyakan mobil yang dilelang adalah titipan dari instansi, organisasi, atau perusahaan yang dilakukan secara borongan. Jadi tidak heran jika mobil bekas yang dilelang beragam dan punya banyak unit lelang. 

Bahkan jika beruntung, kamu bisa menemukan pilihan mobil dengan merek tertentu yang sudah sulit ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau.


Baca juga: Untung Rugi Beli Mobil Bekas Rental, Lebih Banyak Untungnya?


4. Lebih Transparan

Mobil bekas yang ada di balai lelang umumnya dijual dalam kondisi apa adanya dan belum melewati proses reparasi. Mulai dari kondisi modifikasi hingga kondisi ringsek. Sehingga kamu bisa mengetahui persis bagaimana kondisi mobil bekas yang akan kamu beli.

Selain itu, mobil bekas yang dilelang biasanya sudah diperiksa dan diklasifikasi dengan grading sesuai kondisi mobil melalui inspeksi mobil.

Misalnya saja IBID - Balai Lelang Serasi, mobil-mobil yang dilelang di IBID sudah melalui proses inspeksi Astra Car Valuation yang laporannya bisa kamu lihat secara langsung di mobil atau website IBID.

Melalui laporan tersebut, kamu bisa mengetahui apakah mobil pernah terendam banjir, bekas tabrakan, bagaimana kondisi interior, hingga bagian rangka.


5. Cepat dan Efisien

Berbeda dengan dealer atau marketplace, proses jual beli di balai lelang dilakukan dalam waktu yang sangat terbatas.

Sehingga ketika kamu menang lelang, mobil akan dikirim dalam 3 - 5 hari kerja langsung dengan dokumen-dokumennya seperti BPKB dan STNK.

Jadi, bagi kamu yang ingin memiliki mobil dengan proses yang cepat tanpa bertele-tele, balai lelang jadi tempat yang tepat.


6. Value Unit yang Lebih Tinggi

Salah satu kelebihan yang mungkin hanya bisa ditemui di balai lelang adalah kemungkinan untuk mendapatkan unit yang memiliki value yang tinggi.

Seperti yang kamu tahu, mobil bekas yang dilelang biasanya berasal dari aset perusahaan yang notabene-nya selalu melalui servis rutin.

Selain itu, tidak sedikit kamu akan menemukan merek mobil yang sudah sulit ditemukan di berbagai dealer atau marketplace dalam kondisi bagus dengan harga yang murah.

Bahkan tidak sedikit juga kamu bisa menemukan mobil bekas yang masih memiliki masa garansi.

Baca juga: Alasan Mengapa Harus Beli NPL sebelum Ikut Lelang Mobil Bekas


Kekurangan Beli Mobil Bekas di Balai Lelang

keuntungan dan kekurangan beli mobil bekas di balai lelang

Di samping kelebihannya, beli mobil di balai lelang juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya sebagai berikut.


1. Tidak Ada Test Drive

Salah satu kekurangan yang ada di berbagai balai lelang adalah kamu tidak bisa mengetes kendaraan atau test drive

Dalam mekanisme lelang onsite misalnya. Unit lelang hanya akan di-display ketika jadwal lelang berlangsung berdasarkan nomor urut lot lelang.

Begitu juga dengan lelang secara online, kamu hanya bisa melihat tampilan dan spesifikasi saja tanpa bisa melakukan permintaan test drive.

Namun tenang, setiap balai lelang mengizinkan kamu untuk mengecek sendiri mobil bekas yang akan dilelang beberapa hari sebelum jadwal lelang tiba.


Baca juga: Perbedaan Balai Lelang Negeri dan Swasta


2. Waktu Penjualan Terbatas

Di Balai lelang, kamu tidak bisa dengan leluasa memilih dan melihat-lihat mobil bekas yang ingin kamu incar dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini karena proses transaksi di balai lelang dilakukan pada waktu tertentu dengan durasi waktu yang sangat terbatas.

Jadi, ketika ingin mengikuti lelang, pastikan kamu melihat jadwal lelang mobil bekas yang ingin kamu ikuti. Biasanya dirilis H-sebulan atau paling lambat H-seminggu.

IBID - Balai Lelang Serasi misalnya, jadwal lelang Jakarta dan Surabaya berlangsung setiap hari Rabu dan Sabtu tiap minggunya.


3. Dijual Apa Adanya

Selain menjadi kelebihan, mobil bekas yang dijual apa adanya bisa jadi kekurangan. Bagi kamu yang benar-benar ingin menggunakan mobil tersebut dan siap jalan, kamu pun harus melakukan reparasi sendiri.


4. Tidak Ada Garansi

Kebanyakan mobil bekas yang dilelang tidak memiliki garansi. Jadi segala bentuk kerusakan yang terjadi ketika membeli mobil bekas melalui lelang sudah menjadi tanggung jawab kamu sebagai pembeli.

Untuk itu, sebelum mengikuti lelang, pastikan kamu sudah melakukan pengecekan beberapa hari sebelum jadwal lelang tiba.

Pastikan juga kamu sudah memilih mana mobil bekas yang akan kamu incar dengan melihat laporan inspeksi unit mobil yang akan dilelang.


5. Wajib Membayar Deposit

Kekurangan lainnya dari membeli mobil bekas melalui lelang adalah kamu wajib membayar deposit untuk mengikuti lelang. Jadi, sebelum mengikuti lelang, kamu harus menyiapkan uang untuk melakukan deposito.

Meski begitu, nilai deposito yang dikeluarkan tidak banyak dan setiap balai lelang memiliki nilai deposito berbeda-beda. IBID misalnya, nilai deposito untuk mengikuti lelang mobil bekas adalah sebesar Rp5.000.000.

Namun tenang, ketika kamu menang lelang, uang deposito tadi akan menjadi pengurang dari jumlah harga jual mobil yang harus dilunasi. Tapi apabila kamu kalah, uang deposito tersebut akan kembali 100%.


Baca juga: 5 Alasan Harga Mobil Bekas di Balai Lelang Bisa Lebih Murah


9-17-blog-fitur-favorite


Itu lah dia penjelasan tentang untung rugi beli mobil bekas di balai lelang. Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti lelang mobil bekas di IBID, saat ini kamu bisa melakukannya langsung dari smartphone kamu!

Cukup download aplikasi IBID - Balai Lelang Astra di Google Play Store dan Apple App Store secara gratis. 

Melalui aplikasi, kamu bisa langsung mengecek unit lelang, jadwal lelang, pembayaran deposito, proses lelang, hingga melacak pengiriman unit lelang. Mudah bukan?

Saatnya temukan berbagai mobil bekas di IBID - Balai Lelang Serasi!

Share
:
app-store
Customer Center
+62 812-8773-5544 (Whatsapp)
+62 851-7437-5544 (Telemarketing)
Senin - Jumat : 09.00 - 18.00 WIB
cs.ibid@ibid.astra.co.id